Cara Mudah Membuat CDI (Capacitor Discharge Ignition)


CDI (Capacitor Discharge Ignition) merupakan jantung sistem pengapian mesin kuda besi tunggangan kesayangan kita, nich bahas tentang sistem pengapian buat motor khususnya, walau bisa di pergunakan untuk si roda empat(mobil) tetapi berbeda aplikasinya. CDI merupakan sistem pengapian yang memanfaatkan capasitor sebagai pembangkit triger untuk memicu coil menghasilkan tegangan tinggi menuju busi.

Baca Selengkapnya Cara Mudah Membuat CDI (Capacitor Discharge Ignition).

CDI Mobil


About these ads

, , , , , , ,

  1. #1 by jay on April 14, 2010 - 1:10 pm

    gimana membuat cdi f1zr yg pin nya 7 kabel?

  2. #2 by Catur on April 14, 2010 - 11:27 pm

    CDI F1zR sama aja, cuma sistem engine cutoff di ambil dari dalam CDI dan itupun juga bisa kita atur sesuai kebutuhan..

  3. #3 by jay on April 14, 2010 - 11:32 pm

    kalo ada skemanya boleh minta kan bro? soalnya aku pernah bongkar ternyata komponennya banyak, transistornya aja ada 15an termasuk yg mikro, seperti transistor piranti komputer, yg gak ada serinya. yg aku bongkar itu bisa nyala, tp gak bisa rpm diatas 3000, yg aku ganti kapasitor sama transistor seri pnm

  4. #4 by Adde on April 15, 2010 - 11:37 pm

    Thanks banget infonya, but aku mau nanya,”Untuk Stop Kontak ataw Engine Kill nya naruhnya dibagian mana yah ? Apa di ‘IG’ atau bukan?mohon penjelasannya,coz aku dah ngurut kabel2 dan warnanya tapi tinggal 1 yg untuk Stop Kontak, aku masih bingung. Mau nanya ke SJBoy Group,aku gak bisa bahasa Inggris yg baik. Terimakasih. Mohon bantuannya,Gan”

  5. #5 by Radyan on April 16, 2010 - 9:33 am

    F1zr bwt cut off nya sama kya grand atau cdi type AC / alternating current.. Sepul cdi di short lewat kunci k0ntak ke body melalui cdi lewat dioda di dalem cdi..Hehe,mdh2an ga salah

  6. #6 by adde on April 16, 2010 - 6:16 pm

    Maaf, nanya lagi,…untuk Resistor CDI, aku bingung mau beli yang berapa watt, soalnya tadi aku beli component yang lain udah, tinggal Resistornya aja….coz aku ditanya Berapa Watt, aku gak tau…Aku malah disuruh milih yang 1/4, 1/2, 1 atau 2 watt. Please Help Me…Sekalian nanya nih, untuk kode IG itu maksudnya apasih ? apa itu yang buat terhubung ke stop kontak ?
    Thanks,,,beribu ribu terimakasih atas infonya Gan

  7. #7 by Catur on April 17, 2010 - 12:38 am

    yub betul gan, cdi motor sistem na sama aje kog,,

  8. #8 by Catur on April 17, 2010 - 12:40 am

    1/4 cukup, arus kecil bro jadi kagak perlu gede banget wattnya, IG tuch ke Kundi kontak, untuk cutoff, alias di short ke body biar mesin bisa mati.

  9. #9 by Catur on April 17, 2010 - 12:41 am

    ha ha, trim bro, betul IG tuch tuk matiin mesin motor, alias di short ke body tuch listrik

  10. #10 by jay on April 17, 2010 - 8:47 am

    maap nih, aku pelototin keknya cdi f1zr itu untuk pick-up (pulser) groundnya tidak gabung dengan kabel ground body, kenapa ya

  11. #11 by Catur on April 18, 2010 - 12:47 am

    ada dioda di dalam buat shortkan

  12. #12 by jay on April 27, 2010 - 8:54 am

    brother, untuk pemasangan kapasitor elektrolit (elco) ada kutub (+) dan (-), lainnya dioda silikon/germanium/zener, varactor, transistor, ic, itu gak boleh kebalik. yg boleh kebalik cuma resistor, kapasitor keramik, kapasitor milar.
    mungkin rangkaian bro ada yg kebalik kaki2 komponennya atau mungkin persambungannya kurang rapat.

  13. #13 by jay on April 27, 2010 - 8:58 am

    untuk f1zr (motorku juga f1zr) kaki pulser nya emang ada 2, dan tidak nyambung ke bodi ground nya. aku blm sempat lihat sih, di cdi nya nyambung ke ground atau tidak. kalo pulsernya masang kebalik, begitu mesin dihidupkan roda muter kebelakang (pernah kejadian, hehehe).
    coba nanti aku lihat yah bro, kebetulan aku ada cdi original yg udah telanjang.

  14. #14 by jhoni on April 27, 2010 - 11:27 pm

    klo mau buat CDI dc gmn?
    rangkaian nya kyak apa?
    komponennya apa aja?

    trims

  15. #15 by Adde on April 28, 2010 - 8:01 am

    Wah, thx bgt Care nya, Om. Maybe sambungan kurang rapat yah ? Kalo Capasitor 400 V diganti sama yg 450 V boleh gak? Coz waktu beli gak ada yg 400V, yg jual ngasih yg 450, katanya sama aja. Hmmh…Jadi strees nih,apa itu yg nyebabin eksperimenku gagal ya,Gan?

  16. #16 by jay on April 28, 2010 - 8:49 am

    bro adde,
    untuk kapasitas tegangan elco tidak masalah selisih 50volt lebih tinggi, asal jangan lebih rendah. diganti yang 700volt pun tidak masalah, tapi jangan yg 50volt ya, bisa jebol nanti. yg bro adde maksudkan mungkin yg warnanya merah, gede dan gepeng itu ya? itu kapasitor keramik non polar, boleh kebalik.

  17. #17 by Adde on April 28, 2010 - 9:46 am

    Mas Jay, aku belinya yg warnanya biru bulet, kakinya ada yg pendek, satu kakinya lebih pjg, nah positipnya yg mana ya mas Bos ? Di skema gak ada tanda plus min nya yah? Apa aku ganti beli yang kaya katanya mas Jay aja ?

  18. #18 by jay on April 28, 2010 - 10:10 am

    nah, yg bro adde beli itu kondensator elektrolit (elco). ada angkanya Uf, misal 47Uf atau 33Uf kan? petunjuknya ada 2, pertama di bodinya tergambar strip (-) hitam, itu kaki negatif. ke dua dengan melihat panjang kakinya, yg lebih panjang adalah positif.
    pemasangan di skema yg bertanda negatif biasanya disambungkan dengan ground, atau kalo gak ya ke arah lebih belakang (skema rangkaian, kalo diurutkan dari depan kebelakang, dimulai kutub positif (+) terlebih dahulu)

  19. #19 by Catur on April 28, 2010 - 10:15 am

    tul tuch bun jay, tanda lagi yaitu kaki yang panjang pada elco adalah kutub positif.

  20. #20 by Adde on April 28, 2010 - 10:25 am

    Wah, hebat nih Om Jay, yes. Aku lanjut lg experimenku. Tapi…Ntar kalo gagal ,aku nanya lagi boleh kan ? Trus gini Om Jay yg baek, mana dong skema CDI F1z R nya ? Oh ya, brati nanti kabel keluar dari pulser ada 1 yg gak aku sambung ke CDI yah ?Tapi lgsung ke body motor ya Om Bos ?

  21. #21 by jay on April 28, 2010 - 11:11 am

    hehe, wah jadi dapet sanjungan nih..wkwkwk.
    mengenai skema cdi f1zr yg original, tidak (belum) bisa saya gambar skemanya, karena rangkaian nya terdiri dari 2 muka, bagian atas seperti komponen cdi yg lumrah, sedangkan yang bagian bawah terdiri dari komponen mikro (transistor tidak ada seri nya, kondensator mikro, resistor tanpa angka, seperti pada komponen kalkulator atau mpeg), tp kalo cuma photo hp bisa saya upload besok. ada sekitar 15an transistor mikro sebesar biji beras.
    kalo untuk cdi f1zr pulsernya, anehnya, tidak langsung ke ground, tapi terlebih dahulu masuk ke rangkaian. so, bro adde, kalo dari pulser f1zr langsung grounding saya blm pernah nyoba.

  22. #22 by Catur on April 28, 2010 - 11:15 am

    mengenai skema cdi f1zr yg original, tidak (belum) bisa saya gambar skemanya, karena rangkaian nya terdiri dari 2 muka, bagian atas seperti komponen cdi yg lumrah, sedangkan yang bagian bawah terdiri dari komponen mikro (transistor tidak ada seri nya, kondensator mikro, resistor tanpa angka, seperti pada komponen kalkulator atau mpeg), tp kalo cuma photo hp bisa saya upload besok. ada sekitar 15an transistor mikro sebesar biji beras.
    kalo untuk cdi f1zr pulsernya, anehnya, tidak langsung ke ground, tapi terlebih dahulu masuk ke rangkaian. so, bro adde, kalo dari pulser f1zr langsung grounding saya blm pernah nyoba

    tuch komponen/part SMD(Surface Mount Device), jadi langsung nempel di PCB tanpa menggunakan lobang

  23. #23 by jay on April 28, 2010 - 11:44 am

    o ya, nambah lagi dikit, cdi original f1zr yg double starter sama yg gak double starter beda, harganya juga lumayan beda, yg double 240rebu, yg single 60rebu. katanya beda pin2 nya. entah apa maunya yamaha

  24. #24 by adde on April 28, 2010 - 12:07 pm

    mas jay, kalo rangkaian ini dipake buat CDI FIZR kira kira bisa gak nih, mas Jay ? Posting gambarnya besok aqyu tunggu yupz…? ck…ck…ck…hebat deh Om Jay..!!! Cariin schematicnya dunkz yaw Om Bos…

  25. #25 by jay on April 28, 2010 - 12:29 pm

    saya nggak tau kalo rangkaian diatas cocok atau nggak, soalnya nanti aplikasinya bukan sekedar pemercik api. sebagai contoh kasusnya, pada cdi f1zr (tahunya f1zr aja, soale gak punya motor lain..:D) rpm dibawah 2000 api gede, 2000-4000 api lebih kecil, rpm diatas 4000 gede lagi. aneh, tapi gitu nyatanya. mungkin maksudnya disinkronkan dengan torsi 110cc. tapi secara globalnya, cdi yang bagus itu derajat pengapiannya makin maju seiring naiknya rpm untuk usaha mengejar power stabil diberbagai putaran. hal ini yang ditangani oleh pengontrol ignition (contoh, transistor 2P4M, kalo gak salah). kalo terlalu mundur, tenaga ilang, kalo terlalu maju, seher bisa berlobang. terus terang, skema ori cdi f1zr saya gak punya bro adde.

  26. #26 by Adde on April 28, 2010 - 9:19 pm

    Malam bung Jay and mas Catur… Jadi upload foto CDI original FIZR kan ? Kalo blm komplit gak papa kok Bung, asal kabel2 keluaran dari CDI nya masih keliatan nyambung, and kalo berkenan ,gbr tembaganya keliatan. Saya ada CDI asli FIZ R, mau aku bongkar tapi keras bgt, aku gergaji kayaknya mau putus, mas-mas.

  27. #27 by jay on April 28, 2010 - 9:35 pm

    malam semua, pengunjung dan tidak lupa pemilik blog, kebetulan lagi onlen nih saya, hehe. ada, potonya udah ada, cuman gak begitu jelas krn hape saya gak bagus, dan gak begitu keliatan jalur2 tembaganya. kalo mau bongkar digergaji aja pinggir2nya setebal plastiknya itu bro, trus rendam dalam minyak tanah 3 hari, lebih gampang nanti bongkarnya. saya lagi ngitungin transistornya nih, ada 22 buah trans mikro (di pcb bawah), 1 buah scr, 1 ic (pcb bawah), beberapa elco, resistor, kondensator keramik, rasanya mustahil menjiplak skemanya.
    sedikit tambahan, yg kabel putih setrip merah ternyata gabung dgn ground coil, langsung. jadi sebenernya 6 kabel.

    Gambar 1
    Gambar 2

    nebeng link mas catur. silakan.

  28. #28 by jay on April 29, 2010 - 1:48 pm

    bisa, tapi belum tentu maksimal hasilnya, karena seperti setahu saya, rangkaian ini membutuhkan suatu bandwith yang sesuai dengan karakter mesin, seperti kompresi, dan lainnya. terkecuali, rangkaian diatas mempunyai bandwith yang sangat besar, hal itu tidak menjadi masalah..:D. cmiiw
    gambar skema diatas bisa dimanipulir bandwithnya dengan melakukan tuning c1, serta dimungkinkan dengan mengganti r1 dengan sejenis trimport.

  29. #29 by adde on April 29, 2010 - 3:33 pm

    waw, Ohm Jay…great great great great great…ok ok ok ok ok ok ok ok ok…..sip sip sip sip sip sip, Thanks beribu ribu Thanks, perkenankan saya menganggap Ohm Jay dengan gelar MASTER OHM….boleh ya Ohm ?….

  30. #30 by jay on April 29, 2010 - 3:38 pm

    ah ya gak gitu bro, kita sama2 belajar kok disini, di tempat mas catur. master ohm apa pula itu, wong saya lulusan pariwisata kok, kekeke, gak nyambung kan? silakan dilihat-lihat file pdf nya, semoga bisa nambah wawasan per-cdi-an

  31. #31 by Adde Nongol dari Facebook on April 29, 2010 - 10:09 pm

    Wah, sama dunkz Ohm, aku malah lulusan SD…syukurnya nglanjutin nyampe tuir….
    Thks gambar sama skema multispark CDI nya, keren dah. Sudah aku download semua,Ohm. Hmmm…

    Buat Om Catur, waaah…Slametan dunkz Ohm, naik Page Rank nih blognya…he he he he….piss piss piss

  32. #32 by benny on May 4, 2010 - 10:11 pm

    salam kenal untuk bang catur ada yg saya mau pada tanya,di skema diatas yg disebut dengan pick up coil itu apa si,apakah itu spull pengapian atau laennya?dan input ac volt itu maksudnya arus dari mana diambil,ok makasih terlebih dahulu untuk jawabannya bang catur.salam sukses selalu

  33. #33 by Catur on May 5, 2010 - 1:04 am

    salam kenal untuk bang catur ada yg saya mau pada tanya,di skema diatas yg disebut dengan pick up coil itu apa si,apakah itu spull pengapian atau laennya?dan input ac volt itu maksudnya arus dari mana diambil,ok makasih terlebih dahulu untuk jawabannya bang catur.salam sukses selalu

    Pickup Coil=pulser/sensor
    Input AC= Input tegangan AC dari Spull

  34. #34 by tri on May 5, 2010 - 9:39 am

    mas nanya nih
    saya punya cdi rx king kondiai rusak/mati karna g mau keluar setrum. padahl dari spull ada setrumnya ..kondisi koil msh bagus..
    kira2 kalo cdi biasanya komponen apa sih yang rusak .trus mengetahui komponen itu rusak atu tidak gimana ? hangus atau terbakar gt.

  35. #35 by jay on May 5, 2010 - 10:33 am

    di test aja mas pake avometer, biasanya yg mati transistor atau kapasitor merah gepeng itu, tapi bisa juga dioda nya

  36. #36 by Catur on May 5, 2010 - 10:52 am

    kira2 kalo cdi biasanya komponen apa sih yang rusak .trus mengetahui komponen itu rusak atu tidak gimana ? hangus atau terbakar gt.

    Komponen utama CDI adalah SCR, tetapi kerusakan berfariasi bro, bisa SCR, capasitor, atau dioda(krn short), bisa juga sistem instalasi CDI, cek kabel signal dari pulser dan pastikan masuk ke CDI.
    Look> Cara Cek Sistem Pengapian Motor (Cek CDI)

  37. #37 by tri on May 5, 2010 - 11:54 am

    komponenya kalo beli ditoko2 elektronik banyak yg jual ga? kalo ngilangin limiter gmn caranya bro?

  38. #38 by Catur on May 5, 2010 - 5:55 pm

    komponenya kalo beli ditoko2 elektronik banyak yg jual ga? kalo ngilangin limiter gmn caranya bro?

    komponen banyak di pasar elektronik indo, untuk rangkaian di atas merupakan rangkaian CDI unlimit, bisa anda manfaatkan untuk experiment dan berkreasi. limiter CDI bawaan pabrik gan bisa di hilangkan, kevuali ganti CDI, masalahnya sudah integrated circuit(tersambung di dalam), limiter besar fungsinya di dalam race.

  39. #39 by tri on May 5, 2010 - 10:55 pm

    tadi baca di cara cek pengapian cdi,
    cara ngetes pulsernya gmn mas, soalnya kan ada 2 kabel dipulsernya.

  40. #40 by Adde on May 6, 2010 - 12:47 am

    Kabel pulser yg positif dilepas dari CDI, trus on kan mesin, trus kick stater…
    Tempelin kabel itu ke body. Liat percikan apinya. Kalo bisa ngeceknya di tempat yg teduh or gak terik matahari biar keliatan lebih jelas percikannya.
    Biar lebih ringan nge slah kick staternya, lepas dulu businya.
    Kalo gak keluar api, berarti spull pick up MODAR bin Is Dead.
    Buat betulin, lepas spull pengapian pake obeng ketrok, lepas rumah lilitan pick up, terus gulung ke tukang dinamo. Diameter lilitan antara 0,12 – 0,15 mm dgn panjang kawat email 132 meter.
    Kalo pengen percikan api yg besar, pake kawat lilitan dari perak coz resistansinya lebih kecil daripada tembaga. Kalo pengen bagus lagi dari emas, but kayaknya gak ada deh kawat lilitan yg terbuat dari emas, bro.

  41. #41 by Adde on May 6, 2010 - 1:03 am

    Bung Catur, skema booster buat Coil punya gak ? Di upload dunkz…Skema elektroniknya aza Om, bukan gambar jadi alatnya.

    Buat bung Jay, kemarin aku Hacking CDI sndiri Om. Ternyata rangkaiannya simple bgt…
    Percaya gak Om…Tuh CDI gue pukul2 pake batu !! He he he…extreme bgt tapi malah sukses 100%, agak mirip gbr punya sjboy sih, cuma bedanya ada C nano dan 1 tambahan Resistor lagi.
    Dah aku bikin Tuneable pake trimport dg modif C 600V, hasile motor lebih wuzz om, sampe kaya mau jebol Pistonnya….kayak unlimiter gitcu, cuman di akselerasi nikung gear 2 blm OK, katanya tuh V nya turun juga yupz ?
    Kmaren nge track ama MX standar , dia ketinggalan 5 meter Om.
    Buat Mas Catur, jgn lupa booster koilnya dunkz untuk pelanggan setiamu ini.

  42. #42 by jay on May 6, 2010 - 8:51 am

    http://peony888.com/VS/sobogus.htm

    dasar sistem cdi out-put booster yang paling simpel, tapi apakah dapat bekerja dengan sempurna atau nggak, saya belum pernah nyoba. paling2 habis 5000 perak..:D

    bro adde, selamat ya, bisa bikin cdi wuzz…. problem dengan gear 2 saat akselerasi, mungkin bro bisa coba setting karbunya lagi. tapi masih kurang jelas disini, saat gear 2 itu posisi gas kecil atau gas gede? rpm tinggi atau rendah?

  43. #43 by tri on May 6, 2010 - 9:21 am

    bro catur td dah saya cek pengapian dari spull ada 2 kabel,kalo g salah kabel warna hitam strip merah ada apinya trus ijo strip putih g ada apinya , apa emang sperti itu?

  44. #44 by Catur on May 6, 2010 - 9:25 am

    ha ha, kalau experiment tuch jgn kyk mekanik kampungan gitu bro, belajar yang profesional n gunakan alat ukur. ini ilmu pasti bukan kira2 haha, jadi harus ada Nilai Satuan / konstanta, berapa volt? berapa ampere? berapa ohm? gt dum.
    malas jawab ne, malu kalau ada bule ngintip, sorry ha ha

  45. #45 by rakhmad on May 10, 2010 - 10:47 am

    mas bro, rangkain cdi yang smpean bikin itu, apa bisa untuk vespa ???? yang pakai scr 2P4M ituloh????
    matur suwon

  46. #46 by tri on May 10, 2010 - 11:01 am

    mas untuk SCR gmn ngukurnya saya g ngerti

  47. #47 by Catur on May 11, 2010 - 5:58 pm

    mas bro, rangkain cdi yang smpean bikin itu, apa bisa untuk vespa ???? yang pakai scr 2P4M ituloh????
    matur suwon

    Bisa aja bro, tinggal atur aja

  48. #48 by Catur on May 11, 2010 - 7:09 pm

    mas untuk SCR gmn ngukurnya saya g ngerti

    ha ha mbayar bro he he
    tar aja di posting bro

  49. #50 by Giyat on June 19, 2010 - 12:20 am

    Bos,bantuin bikin TCI wat motor 4 silinder, masih tetep ga paham.

  50. #51 by Catur on June 19, 2010 - 6:28 pm

    Bos,bantuin bikin TCI wat motor 4 silinder, masih tetep ga paham.

    tuch menggunakan CDI programmable, jadi u mesti kuliah dulu ben bisa mudeng bahasa pemrograman bro. he he

  51. #52 by aizu90 on July 1, 2010 - 8:15 pm

    makasih atas info nya mas…
    ternyata rangkaian CDI sesimpel itu yaa…
    tapi saya masih ga ngerti ni mas…
    buat trafo step-up nya itu pake trafo apa yaa????
    terima kasih…

  52. #53 by aizu90 on July 1, 2010 - 8:17 pm

    maaf salah mas…
    saya kira pake trafo…
    taunya ga pake yaa…
    klo CDI dc pake trafo ga yaa???
    soal-nya saya browsing gambar rangkaian dapetnya pake trafo mas…

  53. #54 by Wibi on July 15, 2010 - 6:38 am

    Mas Bro, kalau buat Honda GL Pro apakah bisa ?.
    Maturnuwun…

  54. #55 by Catur on July 15, 2010 - 6:11 pm

    bs bro

  55. #56 by wibi on July 18, 2010 - 2:20 pm

    Oh bisa juga ya, cos mongtor ane mati2 mendadak mulu pengapiane. pas lagi ngacir langsng klepek2. CDI nya sy cek kok panas bgt. apa mngkin dari CDInya yg bermslh ya. makanya ane pingin jajal CDI ini. apakah hasilnya bisa sama dengan yg ori?…

    Thanks, mas Bro…

  56. #57 by Catur on July 18, 2010 - 10:06 pm

    Biasanya coil stengah mati, cdi jg bs

  57. #58 by Wibi on July 23, 2010 - 6:58 pm

    Mas Catur, Ane sudah bongkar tuh kabel yang ke CDI, salah 1 pin nya ada yang terhubung ke + Accu saat kontak ON. klo di circuit diatas nyambungnya kemana apa ke IG ..?

    Thks… b4

  58. #59 by Catur on July 24, 2010 - 11:08 pm

    kl ke plus brarti cdi DC, IG ke kunci kontak untuk CUT off engine/ mematikan mesin

  59. #60 by wibi on July 31, 2010 - 5:32 pm

    Mas Catur,
    Kabel di GL Max ane cuma ada 4 . 1=ground, 2=ke koil busi, 3=ke koil mesin, 4=dapat + kalau kontak on. perlu modifikasi gak ya rangkaian diatas.

    makasih banyak mas infonya…

    wibi

  60. #61 by sakti on August 4, 2010 - 8:44 am

    Sugeng enjing Om,q pingin ningkatkan kemampuan cdi standart(honda grand),mungkin g oM?
    kl mungkin ap aja yang bisa di ganti?

  61. #62 by Catur on August 4, 2010 - 10:55 pm

    kl pk cdi std g bs, hrs pake programmable. mau buat sendiri atau beli tinggal pilih.

  62. #63 by Rusdiansyah on August 10, 2010 - 11:07 am

    mas, tolong gambarkan sekima cdi untuk honda nsr saya.sdh 3 bulan nih g bisa jalan gara2 cdinya g ada api.aku kurang paham sekima yg itu.kalau bisa kirim ke emilku. dodoy.dodoy@ymail.com.makasih ya mas di tunggu lho bantuanya

  63. #64 by Rusdiansyah on August 13, 2010 - 11:49 pm

    mas sdhkah ada gambar skema untuk nsrku,tlg nah mas, kirim ke dodoy.dodoy@ymail.com

  64. #65 by Catur on August 14, 2010 - 10:20 pm

    maaf g janji bos…

  65. #66 by asund on August 16, 2010 - 12:01 pm

    hallooo kang saya punya vespa pxe 150 cdi nya sudah lama mati spol pulser dan pulser nya sudah saya ganti baru..tapi tetep aja ga jalan truzz saya coba pke cdi rc tanpa pulser ok jalan cuma ga lama mati lagi truzz ganti lagi jalan lagi..nag mentara ini sayamau aktifkan lagi cdi aslinya kalau ga mau coba rakit dah seperti ini bisa ga ya bwat vespa saya…IG(kunci kontak)-AC input..? dan -pickup coil hubung kmana nya tolong kasih tawu saya tertarik ma rangk.CDI ini thanx di tunggu informasiny dan lam kenal smuanya asund bandung…

  66. #67 by asund on August 16, 2010 - 12:19 pm

    kang mis; ini cdi vespa ya
    1.kira2 berapa volt tegangan ac dari spol jalan/pengapian ?
    2.kalau dari pulser ada tegangan ngga ?
    semuanya ada 5 warna kabel dari dalam(dari piringan spol ke cdi
    1.kabel warna putih hubung ke mana….
    2.kabel warna merah ke merah pulser
    3.kabel warna hijau spol jalan ke hijau cdi
    4.kabel coklat ke coil
    5.hitam ke ground
    mohon keterangan ya yang lebih jelas hatur nuhun

  67. #68 by Catur on August 18, 2010 - 11:10 pm

    waduh lom da wkt bos,,byk krj an,,maap pelajari aja mudah kog…

  68. #69 by BENI on August 29, 2010 - 3:35 pm

    nice thread gan,…
    gw ada 2 pertanyaan nii gan:

    1)tuu cdi kan ac pake pulser, kalo yang ga pake pulser gimana gambarnya gan???
    soalnya gw penasaran temen2 gw yg pake rx king, gl pro, vespa pada dikasi cdi rc yg g pake pulser, katanya kayak cdi racing tanpa limiter rpm nya & tambah kenceng larinya

    2)btw input ac (spool) nya butuh berapa volt gan???
    maw coba2 bikin spoolnya sekalian….
    kalo agan tahu cara bikin spoolnya, kasi taw donk sekalian…, please!!!
    “cdi tanpa spool bagai kompor gas tanpa tabung gas”

    thx b4

  69. #70 by Catur on August 30, 2010 - 10:51 pm

    maaf sibuk bos, lom da wkt…

  70. #71 by BuddiBiddun on September 1, 2010 - 10:01 pm

    lam kenal semuanya, mau sharing nih, saya punya kawasaki ZZR 600cc. waktu beli sistem pengapiannya sdh tdk ori, CDI punya suzy shogun 110 2 buah, pulser milik yamaha jupiter 2 buah, kiprox punya suzy thunder 250, accu basah 12v 10ampere.
    belakangan motor sering brebet, setelah ditelusuri dari mulai CDI, busi, koil sampai pulser, ternyata masalahnya ada di pulser. Jika 2 pulsernya (atas dan bawah) ditata ulang, pengapiannya merata, tapi apabila digeber 0-50km kembali brebet dan posisi idle mesin sering mati dan susah hidup lagi. Dalam keadaan mesin demikian, apabila pulser ditata ulang, maka kembali normal, tapi jarak 5-10km kembali brebet. minta sarannya dong, kira2 perlu ganti pulser atau cm ditata ulang aja? penataan pulser yg bener itu gimana caranya? trims a lot

  71. #72 by Catur on September 1, 2010 - 11:45 pm

    koil stengah mati, cb cek pk koil laen

  72. #73 by adit on September 4, 2010 - 10:39 am

    mas cara servis pengapian gmana

  73. #74 by Catur on September 4, 2010 - 10:00 pm

    g ada bos kl sistem pengapian motor, cm busi aja perlu di bersihkan.

  74. #75 by dicky on September 18, 2010 - 5:43 pm

    Salam kenal bro,
    Rangkaian CDI nya bisa gak di terapkan untuk memodif mobil carbu dari single koil jadi multi koil? satu rangkaian untuk 1 koil, jadi bikin 4 kali rangkaian yg sama, trigger nya dengan memasang 4 biji hall sensor di distributor.
    Mohon pencerahannya,

    Salam

  75. #76 by Catur on September 19, 2010 - 12:57 am

    ne hanya untuk motor, berbeda kl buat mobil. Direct ignition system liat punya eterna, simpel dan hanya bth 2 sensor

  76. #77 by aly on October 25, 2010 - 6:34 pm

    mas aq punya minerva model CBR. tp larinya cuman dpt 120. kalo ganti cdi cocoknya pake apaya supaya larinya setara dgn cc nya. ccnya 150 tp sering kalah ama jupiter MX yg ccnya 135. kenapa ya mas?

  77. #78 by wahid on October 25, 2010 - 7:09 pm

    cara membesarkan pengapian gimana ya om…. motor gw mtr tiger jadul…? mohon pencerahanya

  78. #79 by Catur on October 28, 2010 - 8:36 pm

    pengapian scukup na aja, curva timing yg lbh penting ke akselerasi n top speed bos

  79. #80 by Catur on October 28, 2010 - 8:36 pm

    maaf kita tdk memperdalam riset bt motor bos,,

  80. #81 by zainal on October 29, 2010 - 12:47 pm

    mas catur dimadiun tu katanya dah ada yang jualan cdi mobil tapi saya tanya abis tu pa juga produknya auto tuhu

  81. #82 by Catur on October 29, 2010 - 2:48 pm

    bukan bos

  82. #83 by endra on December 1, 2010 - 12:55 pm

    boss…aku pnya GL100 yang cocok paki CDI apa ya supaya pengapiannya bagus

    thanks

  83. #84 by Hendra on December 9, 2010 - 10:54 pm

    Artikelnya sangat bagus senang sekali bisa ketenmu blog ini Rangkaian CDI Shogun makasih

  84. #85 by moris on December 18, 2010 - 5:16 pm

    begni bos saya pux motor sogun 110cc thn’98…..
    gmn crax biar lri kcng bro…yng bias aj…
    cra settng karbux dksh ukuran brap….dan pa perlu ganti CDInya…maksih..

  85. #86 by exel jhon on December 21, 2010 - 10:43 am

    mas mohon petunjuk penyambungan kabel cdi 6 kabel diluar delco : merah dan putih (satu soket), hijau hitam ungu orange (satu soket) sedangkan delco cuma 3 kabel untuk mobil jeep cj7 thn 81..makasih sebelumnya..

  86. #87 by Catur on December 21, 2010 - 6:21 pm

    tlp saja bos…

  87. #88 by Catur on December 21, 2010 - 6:29 pm

  88. #89 by irpan on December 25, 2010 - 7:31 pm

    bro mau tanya nie.
    ye puny cdi dc pengen d pake k pengpian ac.bgmana tuh carax?
    satu lagi cdi grand pngen dbikin unlimited komponen mn y yang harus d cabut?

  89. #90 by sili on January 21, 2011 - 4:42 pm

    abang2 mohon penjelasan knp motor saya(fizr) jika lari dgn kecepetan tinggi tetapi tidak laju malahan seperti tersendak-sendak…………
    mohon penjelasanya??????????

  90. #91 by moreth on January 21, 2011 - 4:47 pm

    tersendak2 tuh bisa banyak faktor bro, misalnya karbu kurang pas jettingnya, cdi mulai lemah, cdi imitasi yg gak bagus, busi hampir koit juga bisa, terlalu panas juga bisa, sambungan koil magnet kendor juga bisa.

  91. #92 by choke_down on January 25, 2011 - 12:17 am

    mohon bantuan suhu2 dong…hehehe
    motor cb saya mw coba pake cdi scorpio z ac nitapi gtw pin koneksi nya.udah googling tapi ga ketemu2 uy…mohon bantun nya dongssss….

  92. #93 by stiemo on January 28, 2011 - 11:52 am

    Nitip Link : mig33 malang store

  93. #94 by edi on February 28, 2011 - 2:09 am

    gmn caranya meningkatkan pengapian platina pada vespa saya supaya lebih maksimal??

  94. #95 by emha on March 1, 2011 - 11:17 am

    gimana cara nya membuat/memasang enggine stop pd satria FU,aq sdh pernah bikin tp sewaktu di aktifkan klistrikan semua nya mati total…
    bisa ga mesin nya aja yg mati tp untuk panel utama pada spedometer tetap nyala jd klakson dan lampu sein masin bisa difungsikan…

  95. #96 by Catur on March 1, 2011 - 2:42 pm

    gampang aja, ambil dari pulser shortkan ke ground/body aman so beres bos :D

  96. #97 by Catur on March 1, 2011 - 2:43 pm

    ganti pake CDI bs optimum bos

  97. #98 by Ghost on March 25, 2011 - 8:40 pm

    Gimana cara membuat CDI dual band unt Vega?

  98. #99 by Murdiono on March 30, 2011 - 12:22 pm

    kalau rangkaian cdi dc shogun 110 ada gak bos,aku minta dong,soalnya punyaku yg asli sudah kubongkar dan komponennya banyak yg hancur,soalnya aku mau buat sendiri bos .

  99. #100 by nanang on May 21, 2011 - 7:25 am

    cdi yang ntu…. setelah di timing kok diem aja…., rangkaian advancernya sekalian dong bro…. thanks..

  100. #101 by chemekcomunity on June 3, 2011 - 12:57 pm

    boz w bleh mnta ilmunya dkit g’,,he,,,cra bkin cdi wat smash,,

  101. #102 by adrian on June 6, 2011 - 12:29 pm

    om saya mau nnya nich…
    saya pnya motor honda c70 sistem pengapiannya mau di ganti jd pke cdi rc100 gmn cranya?,non pulser bsa g om?

  1. Apakah Susah Membuat CDI/TCI Motor/Mobil? « Auto Tuhu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 61 other followers

%d bloggers like this: