Penyebab Accu / Aki Sering Tekor/Habis


Accu/Aki merupakan sumber tenaga listrik awal mobil yang sudah tentu untuk keperluan start mesin agar menyala, karena tanpa penyimpan energi listrik alias aki sudah barang tentu menggunakan teknologi manual pake engkol atau di dorong rame2.

Usia penggunaan aki umumnya tergantung cara penggunaan dan perawatan pengguna, untuk penggunaan yang benar dan terawat biasanya bisa bertahan 3-4 tahun, tetapi kalau penggunaaan yang ceroboh bisa hanya kurang dari 2 tahun.

Selengkapnya Baca Penyebab Aki Sering Tekor/Habis di autotuhu.com

About these ads

, , ,

  1. #1 by Ade Sanjaya on April 9, 2010 - 7:42 pm

    ooo tambah ilmu lagii nihh ,, thanks kang yaaa

  2. #2 by Catur on April 9, 2010 - 7:44 pm

    ok bro thanks jg

  3. #3 by akhatam on April 9, 2010 - 7:48 pm

    o seperti itu ya gan… gak pernah urusin soal accu soalnya… hehehehe

  4. #4 by radeny on May 26, 2010 - 8:51 am

    Numpang tanya ya Gan..
    Aki baru ganti tapi tetep tekor kalo seminggu mesinnya gak dihidupin (Espass). Kemungkinan besar karena ‘System electrical yang ON terus’, soalnya kalo cabut akinya, no problemo. Nah… ane bingun nih yang mana yang on terus ya…gmn cara carinya? Soalnya lampu2, audio, motor2 dah gak ada yang on. Apakah dari Relay bisa juga…?? mohon pencerahan, thanks gan :)

  5. #5 by Catur on May 28, 2010 - 11:26 pm

    Numpang tanya ya Gan..
    Aki baru ganti tapi tetep tekor kalo seminggu mesinnya gak dihidupin (Espass). Kemungkinan besar karena ‘System electrical yang ON terus’, soalnya kalo cabut akinya, no problemo. Nah… ane bingun nih yang mana yang on terus ya…gmn cara carinya? Soalnya lampu2, audio, motor2 dah gak ada yang on. Apakah dari Relay bisa juga…?? mohon pencerahan, thanks gan :)

    Cara Tes:
    1. Pasang ampere meter saat mesin OFF/ pada saat tanpa penggunaan(standby) yakni ampere meter di pasang antara plus aki dan nepel aki, jadi nepel di lepas 1 yang bagian plus biar lebih akurat .
    2. kalau menunjuk angka NOL(0) berarti sistem kelistrikan normal.
    3. Bila ada penyimpangan/menunjuk angka di atas NOL berarti ada arus yang terpakai(Bocor).
    4. Cek kebocoran arus saat mobil standby.
    5. kebocoran bisa juga terjadi pada: IC alternator, kiprok, dll.
    Nilai kebocoran mobil anda skitar 0.5 Ampere

  6. #6 by roy on June 8, 2010 - 9:01 am

    numpang tanya pak…

    aki baru tetapi tekor terus (corolla 1997). tiap 3-4 hari harus di cas terus. kenapa yah? dinamo casnya di tes bagus, akinya juga bagus. jadi kenapa ya pak kira-kira yang menyebabkan aki tekor terus dalam waktu 3-4 hari? lampu-lampu, radio,ac sama yang lain ga ada yang on, tetapi tetap habis. apalagi setelah di pake 3-4 hari pas mau di start, 3x start langsung habis, ga bisa di start sama sekali.
    tolong di kasih tau yah pak apa penyebabnya. thanks pak ^_^

  7. #7 by Catur on June 9, 2010 - 7:13 pm

    numpang tanya pak…

    aki baru tetapi tekor terus (corolla 1997). tiap 3-4 hari harus di cas terus. kenapa yah? dinamo casnya di tes bagus, akinya juga bagus. jadi kenapa ya pak kira-kira yang menyebabkan aki tekor terus dalam waktu 3-4 hari? lampu-lampu, radio,ac sama yang lain ga ada yang on, tetapi tetap habis. apalagi setelah di pake 3-4 hari pas mau di start, 3x start langsung habis, ga bisa di start sama sekali.
    tolong di kasih tau yah pak apa penyebabnya. thanks pak ^_^

    Untuk sistem pengisian yang benar tidak akan terjadi tekor dalam waktu 3-4 hari. sebaiknya perlu di pastikan usia aki, barunya berapa hari/minggu/bulan jgn lupa merknya skalian. pernah ninggal mobil di tempat lain yang meragukan?(nitip mobil ke org lain) jadi untuk memastikan aki benar2 baru.
    Langkah pengecekan yang bisa anda lakukan:
    1. test aliran arus listrik aki pada saat beban OFF.
    Lepas nepel aki pada kutub plus, ukur arus listrik menggunakan ampere meter antara plus aki dengan nepel aki(SERI), apabila hasil ukur menunjuk beban 0.5 ampere ke atas alamat ada kebocoran aliran listrik.
    2. Cek brostel/Brush Motor starter.(untuk memastikan motor starter dalam kondisi prima)
    3. Cek kondisi aki
    Melakukan pengecekan aki perlu anda lakukan untuk memastikan bahwa aki anda benar2 prima,hal ini perlu kita lakukan untuk antisipasi bahwa aki anda tidak tertukar/di tukar ama orang lain yang cari keuntungan sesaat.

  8. #8 by anas on July 21, 2010 - 10:07 pm

    permisi mas, tanya. ane baru daqpat mobil espass second. tatkala distater sering kali aki tekor. memang ane gunakan untuk nyalain ac audio dengan power agak besar dan juga video. ane dapat nasehat katanya akinya perlu dibesarkan ampernya. apa betul mas catur. trus bagaimana membuat aki besar ampernya? apabisa ya? tanks so much atas kebaikannya.

  9. #9 by Catur on July 22, 2010 - 1:16 am

    sebaiknya cek dulu:
    1. besar pengisian alternator.
    2. usia aki/kondisi aki.
    untuk kapasitas aki sesuai yg tertera pada aki, dengan satuan AH, untuk memperbesar harus ganti aki.
    untuk beban pemakaian yang besar tentu akan menguras arus aki, sehingga tekor. karena besar arus yang digunakan lebih besar drpd pengisian, alternator bekerja maksimal mesin terasa berat, konsumsi bahan bakar bertambah boros.

  10. #10 by iMoen on August 23, 2010 - 5:13 am

    Misi gan.,
    mau tnya ni..
    Ane punya mobil katana th 91 tp ane bingung ni, 1 bulang lalu bru beli aki baru, nah awal d stater ok.. Tp selama 4 hari tu mobil ga di nyalain, pas ane mau nyalain tiba2 ja aki nya tekor jd ga kuat buat start..

    Penyebabnya apa ya.??
    Mohon solusinya gan

  11. #11 by Catur on August 23, 2010 - 11:29 pm

    ada kebocoran arus listrik kyk e itu bos…silahkan cek ulang untuk memastikannya…

  12. #12 by H.nasrullah on November 5, 2010 - 9:47 am

    Asslmkmwrwb,saya mau tanya aki baru yang lemot itu gmna tandanya?diluar status ada kebocoran listrik kendaraan.mhn jawabannya.

  13. #13 by trihadi on November 24, 2010 - 4:32 pm

    Aku mau tny bro, kalo untuk alat stroom aki itu yg bagus yg bagaimana typenya? merk apa? harga brp? thanks atas infonya bro

  14. #14 by 1zz4t1 on August 17, 2011 - 9:49 pm

    numpang nanya kang… kakak aku punya honda cello`94.aki belum ada 1 tahun…tapi kok udah tekor, ampek bosen sering charge aki. 2 hari yang lalu udah dipanasi, sore nanti udah tekor lagi…katanya kakaku bilang “la cendelanya lupa gak kamu tutup…akinya habis….” apa hubunganya???emang ada bos hubnganya?

  15. #15 by 1zz4t1 on August 17, 2011 - 9:54 pm

    nanya lagi bosss..mobil skul ane Futura 94. kalo buat lari diatas 60 km/jam, kok goyang tak terkendali… stir + rodanya… padahal terotnya juga baru diganti… apa penyebabnya bos?

  16. #16 by Catur on August 18, 2011 - 8:17 am

    sistem understel waktunya service, cek ball joint n tie rod baru di sporing balance

  17. #17 by Catur on August 18, 2011 - 10:00 pm

    cek aki dulu,kalau aki msh bagus bisa jadi ada kebocoran listrik dalam sistem kelistrikan. yang jelas tidak ada hub ama cendela n spion, sistem pengisian kurang bagus atau kurang besar juga bisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 59 other followers

%d bloggers like this: