Cara Tes kebocoran AC Mobil


Berbagai cara untuk mendeteksi adanya kebocoran pada sistem AC mobil, memang kecil tingkat kebocorannya tetapi sering menjengkelkan mekanik AC karena si mobil balik2 mulu karena sistem AC gak dingin alias freon abis karena bocor.

Tetapi sebenarnya kalau kita mau teliti bisa terdeteksi dengan mudah dan simpel aja, karena melihat sistem AC merupakan sistem tertutup dan tentunya banyak cara untuk mengetahui/mendeteksi adanya kebocoran gas freon dari dalam sistem.

Kebocoran yang kecil memang sering susah mendeteksinya, ampe kemeng nungguin mengetes ampe benar-benar bisa memastikan bocor atau gak ha ha.

Cara Mudah mendeteksi kebocoran sistem AC Mobil antara lain:

1. Menggunakan BUSA SABUN. Tips ini sudah umum di pergunakan para mekanik ac mobil di samping murah juga cukup akurat untuk mengetahui adanya kebocoran gas pendingin(Freon).

2. Menggunakan alat pendeteksi Freon. Cara ini juga bisa dipergunakan tetapi kita harus memiliki tools tersebut alias beli dulu.

3. Menggunakan Pessure Gauge dan udara High Pressure. Kita harus memasang meter pengukur tekanan dan mengisi saluran sistem AC dengan tekanan tinggi, apabila terjadi pengurangan tekanan berarti bocor.

4. Menggunakan AIR. Cara terakhir memastikan part yang bocor dengan melepas bagian2 AC mobil di tes 1 per satu di dalam air dengan di berikan tekanan tinggi di dalamnya, bisa juga AC mobil di set di bawah dan di beri tekanan tinggi serta di masukkan ke dalam bak air, apabila terjadi gelembung2 udara tanpa henti tentunya terjadi kebocoran pada sistem.

5. Menggunakan Pewarna. Pewarna yang di campur pada oli freon tentunya juga bisa membantu untuk mendeteksi kebocoran sistem.

Cara mendeteksi kebocoran berfariasi, semua tergantung pada kebiasaan dan suka-suka sang mekanik Ac ha ha..

Thanks…..

, , , ,

  1. Leave a comment

Leave a comment