Cara Merubah Platina Ke CDI / TCI {MOBIL} 1


Sistem pengapian elektronik mobil (TCI= Transitorized control Ignition) yang sudah terkenal di indo dengan CDI walau memang berbeda sistem, tetapi begitulah yang umum di kenal ha ha. Sebenarnya untuk upgrade dari platina ke CDI bisa kita lakukan sendiri tanpa harus memanfaatkan bantuan bengkel.

Seperti CDI mobil pada gambar di atas, CDI ini merupakan produk jadi dan banyak kita temukan di toko onderdil mobil dengan harga terjangkau serta pemasangan yang praktis dan cepat. Dengan kabel tunggal yang memanfaatkan tegangan Minus Coil sebagai untuk mendriver coil agar menghasilkan tegangan tinggi sesuai dengan signal yang di terima input CDI. Dalam CDI mobil ini menggunakan sensor hall effect yang tentu sangat peka dan output yang stabil pada semua titik RPM mesin.

Cara mudah upgrade/pasang CDI yakni:

Baca Selengkapya>> Cara Merubah Platina Ke CDI / TCI {MOBIL} 1 di Autotuhu.com


CDI Mobil

About these ads

, , ,

  1. #1 by benny on May 1, 2010 - 11:17 pm

    kepada yth bpk.catur
    ada yang saya mau tanya ni mobil saya daihatsu zebra tahun lama yg masih pakai platina,kalau mau saya ubah ke cdi apa aja yang harus aku beli dan dari merek apa spare part mobil yg cocok dengan mobil ku.dan apa untung ruginya pengapian platina dengan cdi,mohon penjelasannya.atas bantuannya saya mengucapkan banyak terima kasih

  2. #2 by Catur on May 2, 2010 - 12:24 am

    ada yang saya mau tanya ni mobil saya daihatsu zebra tahun lama yg masih pakai platina,kalau mau saya ubah ke cdi apa aja yang harus aku beli dan dari merek apa spare part mobil yg cocok dengan mobil ku.dan apa untung ruginya pengapian platina dengan cdi,mohon penjelasannya

    1. untuk anti ribet n ekonomis anda bisa menggunakan CDI yang banyak tersedia di pasaran dengan harga sekitar 125rb-350rb an (bentuk seperti gambar di atas), tinggal lepas platina n kondensor dan di ganti dengan CDI modul+reluktor n 1 kabel CDI ke -Coil(waktu sekitar 20 mnt).
    2. Bisa juga kita gunakan delco yang sudah internal CDI, untuk mesin sebra 3 or 4 silinder, di malang tersedia banyak untuk delco bekas atau baru (punya carade, classy)(waktu sekitar 20 mnt)..
    3. kalau mau modif juga banyak delco mobil2 yang bisa di adopsi untuk zebra, tinggal pilih delco yang langsung nancep di ujung noken as(Putaran delco ke kiri), tinggal menyesuaikan dudukan delco.(waktu lama saat modif).
    Mobil2 yang sudah kita upgrade ke CDI rata2 kembali tune up min 8 bulan lebih, biasanya 3-4bln saat menggunakan platina.
    jadi karena platina akan aus kaki ebonitnya karena gesekan yang mengakibatkan celah berubah dan berefek saat pengapian mundur dan alhasil tarikan mesin kendor, sedang CDI akan stabil dalam kurun waktu yang lama, nich banyak mobil yang sudah 4thn an setelah kita psg CDI masih sehat2 aja he he

  3. #3 by benny on May 2, 2010 - 10:56 am

    thanxs bang catur atas infonya.semoga info ini bermanfaat bagi kita semuanya …

  4. #4 by rudy on May 7, 2010 - 4:57 pm

    Dear,
    Bagaimana halnya dengan delko peugeot 505 saya, apakah bisa diubah cdi di atas juga?
    Tks
    Rudy Peugeot 505 pamulang

  5. #5 by Catur on May 7, 2010 - 11:53 pm

    Dear,
    Bagaimana halnya dengan delko peugeot 505 saya, apakah bisa diubah cdi di atas juga?
    Tks
    Rudy Peugeot 505 pamulang

    Semua mobil bisa bro, prinsip sistem pengapian mobil sama

  6. #6 by rockwell review on May 17, 2010 - 9:38 am

    I truly enjoyed reading this article.Thanks.

  7. #7 by ANTONIUS S on May 18, 2010 - 11:29 am

    apa ada efeknya perubahan dari platina ke CDI , masalah penggunaan bahan bakar lebih boros atau lebih irit dan tenaga gimana atau terhadap sistem pengapian misal pada busi !

  8. #8 by Catur on May 19, 2010 - 12:34 am

    apa ada efeknya perubahan dari platina ke CDI , masalah penggunaan bahan bakar lebih boros atau lebih irit dan tenaga gimana atau terhadap sistem pengapian misal pada busi !

    1. Free maintenance.
    2. Effisiensi(gak sering absen bengkel hanya krn platina aus/terbakar yang bikin tarikan molor)
    3. Mampu RPM tinggi(Platina plat kontaknya ngambang saat RPM tinggi)
    4. pengapian yang stabil (tanpa berubah seperti platina) so pasti penggunaan BBM stabil, misal saat kaki platina aus maka platina menjadi rapat,saat pengapian menjadi mundur, tenaga kendor, walhasil saat di genjot boros pasti dapet & g lari (Alias Boros).
    5. CDI adalah sistem pengapian secara elektronik, jadi tetap ada pemutus/penghubung dalam bentuk elektronik, untuk besar output coil tidak besar dari platina(ondisi normal), jadi tidak boros ke busi dan tidak ada effek negatif lain.
    6. HI-tech. dipergunakan pada semua mobil baru sampai sekarang, dalam bentuk single ignition, DIS, IDSI & model lain pada mobil injeksi/karburasi.
    Regard by CATUR

  9. #9 by Adin on May 21, 2010 - 2:44 am

    Bravo Mas Catur,,,
    Sy mau tanya apakah ada kendala nya , apabila saya menggatiplatina dgn cdikit tsb,,, dan apakah koil , kbl busi jg harus disesuaikan agar pengapian tetap stabil… oia sparepart apasajakah yg sy harus beli ..Mksh bnyk
    Nb ; mbl saya Kijang super 91

  10. #10 by Catur on May 21, 2010 - 6:42 pm

    Bravo Mas Catur,,,
    Sy mau tanya apakah ada kendala nya , apabila saya menggatiplatina dgn cdikit tsb,,, dan apakah koil , kbl busi jg harus disesuaikan agar pengapian tetap stabil… oia sparepart apasajakah yg sy harus beli ..Mksh bnyk
    Nb ; mbl saya Kijang super 91

    Kendala dan penggantian sparepart lain tidak di butuhkan bos,kabel busi tetap, coil asal tidak short(konsleting) atau setengah mati, busi juga tetap bos,
    anda cukup beli module ignitions(CDI Kit) tinggal pasang aja, mudah kog, anda juga bisa pasang sendiri..

  11. #11 by Agus on May 25, 2010 - 6:03 pm

    Mas,boleh minta no hp nya.

  12. #12 by Catur on May 25, 2010 - 9:57 pm

    Mas,boleh minta no hp nya.

    tuch di Contac Us ada bos……….

  13. #13 by Aan on June 17, 2010 - 8:35 pm

    Om beli modul cdinya merk apa dan d mana

  14. #14 by Catur on June 19, 2010 - 6:26 pm

    Om beli modul cdinya merk apa dan d mana

    banyak di malang bro, mulai merk Nippon, Porter, Denso atau delco rebuild yang sudah CDI. Biasanya untuk mobil kijang, zebra 1.3, katana, carry n lain2.

  15. #15 by joko nalongso on July 2, 2010 - 7:44 pm

    bos,
    saya mau tanya klo mobil Mazda 323 tahun 83 biasa di ganti ke cdi g Bos…
    thanks

  16. #16 by joko nalongso on July 2, 2010 - 7:45 pm

    bos,
    saya mau tanya klo mobil Mazda 323 tahun 83 biasa di ganti ke cdi g Bos serta cdi merk apa bos…
    thanks….

  17. #17 by Catur on July 3, 2010 - 12:04 am

    bos,
    saya mau tanya klo mobil Mazda 323 tahun 83 biasa di ganti ke cdi g Bos serta cdi merk apa bos…
    thanks….

    bisa saja, semua mobil bisa pake CDI, mau modif sendiri dengan cdi universal atau pake seri delko mazda 323 yg sdh CDI(denso), byk bgt kog.

  18. #18 by joko nalongso on July 5, 2010 - 10:01 am

    bos kmrn saya nyari CDI KIT kok toko2 pada tidak ada bos, ada nya yang sudah lengkap dan harga nya 700rb lebih….

  19. #19 by Catur on July 6, 2010 - 2:29 am

    kalau untuk masda memang jenis CDI seperti pada posting tidak tersedia,di malang delco masda plus internal CDI kisaran harga 650rb-750rb,

  20. #20 by dani on July 9, 2010 - 6:22 am

    mo numpang tanya pak catur, klo pug 505 platina bisa diganti CDI, merk CDI nya apa ya, trus di malang toko sparepart apa yg sedia n kisaran harganya brp ya? Tq. Gbu

  21. #21 by Catur on July 9, 2010 - 10:55 pm

    bisa aja bos, tp kyk na hrs modif delco bos, bisa pake delco yg sdh CDI 2nd, tinggal menyesuaikan bentuk bwh delco biar sesuai ama peugeot anda.

  22. #22 by Yosefix on July 11, 2010 - 5:51 pm

    bos bisa bantu gua punya Mazda astina CDI nya jebol. Type sensornya optic Infrared mau ganti ama productnya bos bisa kagak? info di tunggu, thank you.

  23. #23 by Catur on July 11, 2010 - 8:54 pm

    tidak bisa,astina injeksi bth sensor dr delco untuk masukan ecu na

  24. #24 by bambang on July 14, 2010 - 4:27 pm

    yth pak. klw corona 1986 ex salon bisa ga dirubah pake cdi.. terus beli .di nya dmna??? trimss

  25. #25 by Catur on July 14, 2010 - 11:04 pm

    bisa aja bos..cb cek ditoko terdekat didaerah anda…

  26. #26 by albar on July 16, 2010 - 7:40 pm

    nanya, bisa buat accord 83 gak. perlu ganti coil gak mas?

  27. #27 by Catur on July 16, 2010 - 8:58 pm

    accord pake delco yang sdh cdi punya generasi lbh muda bos,byk n murah tggl psg.

  28. #28 by Albar on July 17, 2010 - 4:42 am

    Masalahx d kediri harganx 600rb bos. Mbil dr dapet dah pk platina. D sana harga brapa bos?

  29. #29 by Catur on July 17, 2010 - 9:49 pm

    sama bos untuk delco lengkap

  30. #30 by fauzan on July 25, 2010 - 7:52 pm

    nanya mas, mbl saya kijang grand extra’96 1.8 platina, saya ganti cdi komplit nd ex singapor pas jalan nyendat2 dan mogok, kira2 apa masalahnya dan skrg kembali k platina lg

  31. #31 by Catur on July 25, 2010 - 7:59 pm

    kalau koil normal biasanya CDI modul na yang rusak, atau pulser goyang.

  32. #32 by untung hariyanto on August 6, 2010 - 9:50 pm

    bos, kjg gw th 95 mo ganti cdi. merk apa yg co2k & brp hrgy.? tq..

  33. #33 by Catur on August 7, 2010 - 7:04 pm

    smw bs untuk kijang bos,,

  34. #34 by Yuono on August 21, 2010 - 5:39 am

    Pagi mas catur, saya punya civic 79 masih platina. Kira2 bisa pake cdi modul gak? Beli d mana, Harganya berapa? Soal kemaren saya tanya2 di toko adane cuma buat kijang,carry, zebra aja? 125 – 140rb d mjokerto

  35. #35 by Catur on August 21, 2010 - 11:47 pm

    g bs bos, pake delco accord 83 aja ma modul na skalian tggl psg

  36. #36 by philip on August 26, 2010 - 8:51 am

    Pagi Mas,

    kalau CDI yg denso utk kijang seri 7K spt yg digambar berapaan ? Lalu apakah pengaplikasian CDI tsb harus disandingkan dgn coil tipe kering seperti yg digunakan kijang kapsul utk memaksimalkan keluarannya; sedangkan kijang saya adalah kijang grand.
    Tq

  37. #37 by alfanadi on August 26, 2010 - 10:07 am

    Mobil saya corolla dx 82. Lampu sering putus dan starter kadang lambat hidup. Maka saya mau ganti platina ke cdi. Alat ato sparepart apa yang harus diganti agar sesuai dan tidak timbul masalah . Dimana toko ato bengkelnya dan kira2 berapa biayanya. Terima kasih.

  38. #38 by dwijatmoko on August 26, 2010 - 1:34 pm

    untuk fiat 1100 jadul bisa ndak bos, cocok pakai cdi apa yak

  39. #39 by Catur on August 27, 2010 - 12:56 am

    tdk bs untuk fiat, anda bs menggunakan delco yg sdh cdi internal, tggl menyesuaikan dudukan bwh delco. mekanik pasti bisa mengerjakan itu.

  40. #40 by Catur on August 27, 2010 - 1:11 am

    lampu srg pts cek dl sistem kelistrikan, bs dr tegangan pengisisan terlalu besar, atau konektor lampu yg karatan shgga cepat menimbulkan panas. Untuk CDI corolla kl pk nippon hrs modif, krn g bs msk ke dlm delco, pk porter lgsg psg.

  41. #41 by Catur on August 27, 2010 - 1:13 am

    koil standar bukan koil racing, untuk type kering atau basah/bulat sama aja trhadap CDI.

  42. #42 by edy sugiarto on September 1, 2010 - 12:20 pm

    mobil saya espass ’96, pinginnya playina diganti cdi. gimana caranya dan kira2 berapa harga cdi nya?

  43. #43 by Catur on September 1, 2010 - 11:35 pm

    bisa bos,,SMS aja bos, nope di samping to di kontak

  44. #44 by Faturohman on September 2, 2010 - 8:03 am

    Mas Catur, salam kenal, mas mobil saya forsa amnenity th 91 sudah pake CDI. Saat pagi mobil dingin ato panas, distarter gak masalah mas, tetapi stelah perjalanan kira-kira 20 km, dan berhenti 10-20 menit, mobil susah distarter, kata bengkel CDI bermasalah. Dah perbaiki, masalah gak sembuh, mohon pencerahannya mas. Ada CDI amenity 91 gak, berapa harganya.

  45. #45 by Catur on September 2, 2010 - 6:19 pm

    errornya bikan pada cdi nya, kalau cdi dingin atau panas sdh trasa g normal. biasanya setting karburatornya bos.cb pd saat start mesin kondisi bis berhenti dengan menginjak pedal gas separo, jgn di pumpa2. kalau bs hdup mudah setting ulang karbunya.

  46. #46 by dadan on September 13, 2010 - 9:04 pm

    mas mobil sy Charade cs th 85 mau ganti dg cdi produknya mas,apa yang perlu diganti n breapa hrg cdi nya plus ongkir ke bandung. Trims banget.

  47. #47 by Catur on September 15, 2010 - 6:08 pm

    kalau cdi aja tidak ada bos, hrs ganti lengkap ama delco na, jd lgsg tancep aja..

  48. #48 by adit on September 19, 2010 - 12:26 am

    bos ak pnya masda astina CDI nya jebol gimana solusinya

  49. #49 by adit on September 19, 2010 - 12:31 am

    dimana carinya CDI masda astina

  50. #50 by Catur on September 19, 2010 - 12:59 am

    ya di ganti bos.. he he

  51. #51 by Catur on September 19, 2010 - 1:00 am

    pesan jg bisa, sms aja bos nope qt di samping tu

  52. #52 by lexani on September 22, 2010 - 10:47 am

    mas catur: mobil sy daihatsu zebra thn 1991..mobil sy bru dihidupkan 5 menit sj coilnya sdh panas..sy sdh ganti coil yg bru tpi msih tetap..kira2 mslahnya apa ?? mhon dibantu..

  53. #53 by Catur on September 22, 2010 - 8:41 pm

    kl msh pk platina bisa jd kerenggangan celah na, bisa jg coil na yg sdh uzur,kl sdh cdi jrg bgt kjadian gt

  54. #54 by portal berita indonesia on September 24, 2010 - 8:26 am

    postinganya keren, bisa saya taruh ga artikel ini di website saya? nanti saya link balik sumbernya

  55. #55 by lexani on September 24, 2010 - 8:43 am

    numpang tanya lagi ni mas catur : trus kerenggangan platinanya ukurannya brpa??

  56. #56 by Kuplux on September 24, 2010 - 12:00 pm

    Numpang tnya nih bos, kalo untuk mesin 6 silinder bisa hijrah pengapian dr platina ke CDI gak? Kalo bisa, apa sy harus merubah/mencabut distributornya? trimakasih sebelumnya..

  57. #57 by Catur on September 24, 2010 - 10:04 pm

    monggo bos..trims

  58. #58 by Catur on September 24, 2010 - 10:05 pm

    4 silinder +- 0.45mm

  59. #59 by Catur on September 24, 2010 - 10:08 pm

    berapapun jumlah silinder bisa pake CDI vos, tggl atur aja.bs modif dr delco lama atau ganti delco khusus 6 silinder yg sdh cdi.

  60. #60 by Kuplux on September 25, 2010 - 1:15 pm

    kalo kita masih menggunakan delco lama yang dipasang CDI, apakah kita bs sewaktu2 kembali lg ke platina tanpa harus ribet2 ke bengkel? Soalnya kalo tiba2 CDI mati dan kebetulan jauh dari bengkel, kita jd gak perlu kuatir, tinggal pasang lg platina lama untuk sementara, apa bisa begitu? trimakasih banyak mas Catur..

  61. #61 by Catur on September 26, 2010 - 1:38 am

    kalau yg 6 silinder g bs bos, kalau pk produk nipond 4 silinder br bs. baek na pake delco lg bt khusus cdi, jd delco platina lm di simpen

  62. #62 by Kuplux on September 27, 2010 - 12:01 pm

    Berapa harga delco yang sudah CDI untuk 6 cylinder+ongkos kirim ke bandung?

  63. #63 by saiful on September 27, 2010 - 5:11 pm

    mas catur: mobil sy daihatsu winner thn 1993 kalau mau ganti cdi yg bagus pakai yg mana and kalau mau beli and sekalian kasih tau cara pasang nya
    Thanks berat mas catur.

  64. #64 by Catur on September 28, 2010 - 12:00 am

    buat mbl apa bos

  65. #65 by Catur on September 28, 2010 - 12:01 am

    yg sms td ya bos?tar qita update di web

  66. #66 by kuplux on September 28, 2010 - 12:34 pm

    landrover series

  67. #67 by Catur on September 28, 2010 - 2:37 pm

    kita adanya hartop bos, tp kl mw bisa aja bt landrover tggl modif aja

  68. #68 by sem on October 24, 2010 - 9:05 pm

    bang mau nanya nih…
    klo mengganti konvensional ke CDI Toyota kijang 5K sama jg seperti penggntian pada daihatsu zebra atau ada bedanya ?

  69. #69 by Agung on October 27, 2010 - 1:46 pm

    Lam knal mas CAtur…
    Saya punya Mobil suzuki Carry ST100 pick up taon 91,

    1.pengapiannya masih menggunakan Platina, dan mau di ganti dengan CDI, trus CDI apa yg cocok dengan mobil ST100 tanpa merubah delco aslinya. (capek juga sering stel platina setiap 3 bulan)
    2. ni mobil langsamnya ga stabil sering naik turun, boleh tau pokok permasalahannya di apa ya????

  70. #70 by Catur on October 28, 2010 - 8:33 pm

    pake cdi nipond lgsg tancep bos, tggl lepas platina n condensor na. untuk langsang g stabil bs dr nok platina tdk rata, cek jg saluran idle karburasi

  71. #71 by Catur on October 28, 2010 - 8:37 pm

    sama bos, beda bentuk fisik delco aja

  72. #72 by Agung on October 29, 2010 - 12:06 am

    makasih mas catur atas jawabannya.
    trus harga CDI Nipon brapa ya???

  73. #73 by Catur on October 29, 2010 - 2:48 pm

    sms aja bos, nope di samping tuch

  74. #74 by Agung on October 29, 2010 - 5:04 pm

    Dah gw sms tu mas…tp kok g aktif ya nopenya

  75. #75 by Catur on October 31, 2010 - 12:32 am

    aktip trs bos

  76. #76 by BASUKI on November 1, 2010 - 2:24 pm

    cdi yang cocok untuk starlet th.’91 apa ya bos?

  77. #77 by Catur on November 1, 2010 - 6:01 pm

    byk bos, nipond yg murah jg da, sms ja bos

  78. #78 by sem on November 14, 2010 - 10:47 pm

    Mau nanya ni bang,
    klo distributor IIA yang coilnya di dalam distributor bisa ga di pasang langsung ke mobil toyota kijang 5K?
    makasih…

  79. #79 by yulianto on November 16, 2010 - 2:57 pm

    Mau nanya Sam, aku orang Dinoyo sini.
    Aku mau beli carry, mnurut sampean bgs taun mana antara 89-94? Skalian ntar ganti platinanya ke CDI. Makasih..

  80. #80 by Catur on November 24, 2010 - 12:37 am

    lebih baik taun muda, cdi sama aja

  81. #81 by Catur on November 24, 2010 - 12:38 am

    g bisa, putaran beda(terbalik)

  82. #82 by smp nasa on December 1, 2010 - 4:57 am

    apa nama perubah dari plati ke cdi tersebut? di bandung dimana belinya? berapa hrgnya?

  83. #83 by Catur on December 1, 2010 - 5:54 pm

    cdi kit/ tci kit bdg lom tau bos

  84. #84 by Catur on December 1, 2010 - 5:56 pm

    CDI kit / TCI kit module

  85. #85 by aris on January 10, 2011 - 11:47 am

    maaf mau tanya mas..kmren saya dah coba pasang sndri ganti platina ke cdi, saya udah ikuti langkah2nya sesuai artikel diatas, setelah instalasi selesai, distart…jreng..mesin hdup..tapi cuma beberapa detik trus tiba2 mati, setelah itu distart ulang mesin gamau hidup lagi (kayak gaada apinya)..kira2 kenapa yah..apa ada yg salah pasang?? apakah cdinya konslet??
    Ket: modul cdi merk nippon s-89, mobil saya zebra van 90 1.3

  86. #86 by Catur on January 10, 2011 - 12:51 pm

    bisa jg cdi mati, cdi rusak biasanya krn koil short/stengah mati, slama ini kita blm pernah kyk gitu..Baca Cara Pasang CDI Nippon/Marui

  87. #87 by aris on January 10, 2011 - 1:39 pm

    oo gitu ya mas…padahal baru beli & baru dipasang, trus bagaimana cara mengetahui coil sort tidaknya atau cdi rusak tidaknya?? setelah saya pasang lagi platina, mesin kembali hidup….

  88. #88 by Catur on January 11, 2011 - 7:38 pm

    Di test coil na bos…

  89. #89 by Rizky on January 19, 2011 - 7:34 pm

    Mas Catur, kalau CDI Marui yang buat Carry ST100/ Kijang apakah dapat dipasang di dalam distributor Suzuki Jimny “Jangkrik” LJ10 ? Trims sebelumnya

  90. #90 by Catur on January 20, 2011 - 12:42 am

    bisa bos

  91. #91 by panca gunawan on January 23, 2011 - 9:54 pm

    berapa harga delco cdi mazda astina bos

  92. #92 by Catur on January 24, 2011 - 1:09 am

    SMS aja bosssssssss

  93. #93 by eko on January 25, 2011 - 12:27 am

    mas numpang nanyak saya punyak civic 76 mau saya ganti cdi yg cocok pakai cdi apa??thaks

  94. #94 by Priyono on January 28, 2011 - 10:19 pm

    mas catur,
    Mobil saya Kijang kapsul th97,
    Saat ini Saya sudah pakai Cdi yang pakai 1 kabel tapi sepertinya kok kurang enak.
    Mohon Saran Yang tepat pakai Cdi Merk Apa Dan Harganya Berapa.tks

  95. #95 by Catur on January 29, 2011 - 6:04 pm

    SMS aja bos, krg enk nya gmn?akselerasi/stationer/top speed?

  96. #96 by SUSANTO on January 30, 2011 - 1:38 am

    MOBIL SAYA GALANT SIGMA, MAU RUBAH DARI PLATINA KE CDI, BISA GAK ? COCOK NYA PAKE CDI APA ? THX BRO

  97. #97 by Catur on January 31, 2011 - 10:22 am

    byk punya honda yg bs di pake, kl g da tinggal modif dikit

  98. #98 by SUSANTO on January 31, 2011 - 10:38 pm

    MAKSUDNYA DI MODIF GMANA MAS ??

  99. #99 by Catur on February 1, 2011 - 10:56 am

    sms aje bos………

  100. #100 by rudy on February 7, 2011 - 1:11 pm

    bang ane punya civic wonder th 80an
    cdinya mati yang cocok buat mobilku cdi apaya trus berapa harganya ?

  101. #101 by Catur on February 7, 2011 - 7:26 pm

    byk bang, SMS aja

  102. #102 by zidan on February 11, 2011 - 11:11 pm

    mas mobilku terbakar delco – cdi hangus kabel depan habis yang ada sikringnya habil gimana cara pasang ini aku sudah punya kabel bingung cara pasang suwun

  103. #103 by zidan on February 11, 2011 - 11:20 pm

    mas tolong kasih tahu cara pasang cabel delco ples kabel sekring mobil accord tahun 1986

  104. #104 by Catur on February 14, 2011 - 5:09 pm

    ke bengkel aja bos

  105. #105 by yuda on March 9, 2011 - 12:50 pm

    mas catur, saya punya honda life 74, apa bisa di pasang cdi modul?? Pemasangannya gmn mas katanya bisa pasang sendiri, soalnya saya di solo.
    Honda life kayaknya nggak ada delconya, soalnya coilnya udah langsung nyabang 2, jd gmn mas baiknya?? Mohon pencerahan. Trims

  106. #106 by Catur on March 9, 2011 - 7:21 pm

    bisa aja bos, bagi kami mudah aja, gak tau kl anda :D sistem pengapian dengan coil pack dengan kabel ke koil 2, kabel ke platina 1, nok platina 1 cek dl bos

  107. #107 by Taufik on March 11, 2011 - 4:59 am

    Bang catur,mobil saya kijang super 5k,dalam perjalanan tiba2 mesin mati saya ganti coil baru mesin hidup lagi tapi coilnya panas sekali dan mesinya ngk mau hidup,saya ganti coil yg baru,platina baru,kondesor baru dan busi baru tapi coilnya tetap panas,itu penyebabnya mas.

  108. #108 by Catur on March 11, 2011 - 11:31 am

    harusnya pastikan penyebeb mesin mati dulu, listrik hilang atau bahan bakar yg hilang. Untuk koil sebaikny pake merk ori. kl yg biasa2 ntar taus buang2 uang. koil memang panas karena kinerja switching dr platina yakni on off. koil tak beda dengan transformator/trafo yang juga akan panas bos.
    check point waktu mesin mati:
    > check listrik tegangan tinggi dr koil (dengan melepas kabel pada tengah delco dan dekatkan pada body/groun jarak 1cm, kalau ada listrik akan ada loncatan bunga api dari ujung kabel)
    >check listrik plus coil (gunakan lampu tester)
    >cek listrik min coil(saat mesin distarter akan mnjadi nol dan 12 vot secara gantian sesuai kondisi platina, atau akan berkedip2 bila di tes menggunakan lampu tester).
    >kalau semua ada bs dr kondensor atau koil.
    NB: kalau asal ganti akan habis banyak bos.
    Saran> ganti koil Ori n ganti sistem pengapian ke sistem pengapian elektronik.

  109. #109 by inu on April 7, 2011 - 8:54 am

    mohon pencerahann nya mas..buat daihatsu 55wide cocok nya pake apa y mas cdi kit ny..htrnhn

  110. #110 by Catur on April 9, 2011 - 10:33 pm

    bisa aja, tp delco silahkn krm ke autotuhu

  111. #111 by ynasir on April 10, 2011 - 9:55 pm

    Salam kenal mas Catur,
    saya sedang mudeng nih, saya punya toyota kijang tahun 96, sekarang sering hilang tenaga padahal kadang baru diservice di tempat resmi, kata yang tau ttg mobil, ini masalah platina, saya jadi tertarik dengan artikel ini, minta saran mas, kalau ganti platina ke cdi untuk mobil toyota yang paling bagus apa ya mas? harap maklum ya mas, saya tidak terlalu mengerti masalah mobil

  112. #112 by Catur on April 11, 2011 - 12:22 am

    lgsg SMS aja bos

  113. #113 by putra_dx on April 13, 2011 - 8:38 pm

    mas, mau tanya nih..
    kalo corolla dx 83 mw ganti CDI enak nya pake yang apa ya??

  114. #114 by Catur on April 15, 2011 - 2:22 am

    porter bos

  115. #115 by walid on April 29, 2011 - 9:49 pm

    minta no hp nya mas… sy punya charade cs 87… mo sy modif ke cdi ini no 081944802533

  116. #116 by raden bewe on May 3, 2011 - 10:53 pm

    cdi untuk suzuki forsa merk apa baiknya

  117. #117 by Catur on May 4, 2011 - 7:21 am

    plg bgs merk denso bos

  118. #118 by Yopi LPG on May 11, 2011 - 2:40 am

    BOS.MOHON PETUNJUK.
    KLO AKU BELI PERANGKAT CDI NYA DAPET SKEMA PEMASANGAN / INSTALASI NYA G BOS???
    MASALAHNYA AKU DI LAMPUNG..BIAR MONTIR LANGGANAN AKU YANG PASANG..

    MOBIL SAYA KIJANG THN 93. KIRA KIRA YG PALING COCOK N AWET PAKE MEREK APA BOS???

    KLO SAYA MO BELI BAGAI MANA CARANYA..

    THANKS ATAS BANTUANYA

  119. #119 by Yopi LPG on May 11, 2011 - 2:50 am

    DAN BERAPA HARGANYA..??

  120. #120 by Catur on May 11, 2011 - 9:43 pm

    lgsung SMS aja bos, kita bantu cara pasangnya, g susah kog,

  121. #121 by tri on May 19, 2011 - 10:03 pm

    Maaf boss numpang tanya, saya punya Renault TL-18 th 84 susa hidup kenapa ya ? kata montir sih dinamo stater harus service, udah service lancar lagi tapi kra2 dua mingguan begitu lagi, kira2 apa nya boss… tolong penjelasannya maklum gak ngerti masalah mobil. trus mengenai modif platina ke cdi mobil saya itu bisa gak? kalo bisa pake type apa dan dimana membelinya.

    Sebelumnya timakasih banyak…..

  122. #122 by bowo on May 23, 2011 - 5:37 am

    gan kupunya mobil butut kaluaran jaman baheula, toyota corona t100 1974, gimana caranya kl pengin ganti ke cdi?

  123. #123 by irwan on May 25, 2011 - 7:26 am

    ass, nanya bos, aku punya kijang super 5K, kaki kaki depan rada bunyi, udah ganti tie rod, idle arm, masih ada bunyi, apalagi jalan berlobang, waktu parkir, banting stir habis, juga di bawah stir. sarannya bos. thanks.

  124. #124 by Catur on May 25, 2011 - 8:25 pm

    mudah aja bos, krm delco nya ke autotuhu beres bos

  125. #125 by Catur on May 25, 2011 - 8:28 pm

    bunyinya gmn?

  126. #126 by ahmad on June 10, 2011 - 1:35 pm

    mas mau nanya nih,aku punya mobil kijang g 91 mau pasang ac tapi bingung mereknya yang bagus apaan..

  127. #127 by Catur on June 10, 2011 - 9:16 pm

    denso bagus, tp sanden juga g gampang rusak bos, asal sistem saluran bagus awet kog

  128. #128 by devdev on July 4, 2011 - 11:39 am

    salam kenal….!!!
    saya mau tanya soal CDI neh…, Klo mau beli CDI hal yang perlu diperhatiin apanya y??? apa ada parameter untuk CDI???

    Tq

  129. #129 by hardin on August 4, 2011 - 10:23 am

    Salam kenal Mas Catur. Aku mau nanya, Mobil Suzuki Katana thn 1990 kalo ganti Platina ke CDI apanya saja yg harus diperhatikan, apakah kondensornya perlu diganti, (kondensor yg ada skrg 0,25 Mikro digandeng 2). trus CDI merk apa yg bagus dan cocok utk Katana thn 1990.

    mohon saranya. Tq.

  130. #130 by Catur on August 4, 2011 - 5:35 pm

    cdi tdk bth kondensor, bgs pake denso

  131. #131 by hardin on August 9, 2011 - 10:48 am

    Thank’s mas atas infonya, soalnya aku masih awam ttg pergantian PLATINA ke CDI.

  132. #132 by deni on August 20, 2011 - 3:23 pm

    beli tci kit/cdi kit untuk kijang grand 5k di surabaya dimana ya bos??
    untuk pemasangannya cukup mudah kan??,,

    thanks..

  133. #133 by Catur on August 20, 2011 - 6:15 pm

    g tau bos, tanya bengkel2 sby aja, saya di malang

  134. #134 by miko on August 21, 2011 - 3:09 pm

    ikutan nanya mas ini sy di semarang.
    sy punya MITSUBISHI LANCER SL thn 82.
    sy pingin merubah pengapiannya dengan CDI. CDI nya yang cocok apa ya. terimakasih sebelumnya.

  135. #135 by Catur on August 21, 2011 - 5:58 pm

    lancer hrs pake punya lancer 2nd aja, kalau pake denso susah modif na

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 60 other followers

%d bloggers like this: