Cara Service Motor Extra Fan dan Blower AC Mobil


Dinamo/Motor Extra fan maupun Blower memiliki prinsip kerja yang sama, yakni mengubah energi listrik menjadi energi mekanik(Putar) yang tentunya tidak lepas dari penggunaan kumparan, brush/sikat/bostel dan laker.

Untuk kerusakan pada motor/dinamo Fan maupun blower tentunya berfariasi, mulai motor terbakar, brush habis, bahkan macet(Untuk mobil Jadul) so pasti sitem penanganannya (service) juga tergantung jenis kerusakannya, ini tentu bagian para mekanik untuk menyelesaikan tugas service atau anda pengen utak-atik alias pengen sekedar tahu juga boleh :P.

Baca selengkapnya Cara Service Motor Extra Fan dan Blower AC Mobil.

Regard by Catur.

About these ads

, , , ,

  1. #1 by ary on September 15, 2010 - 3:01 pm

    Hi Pak Catur,

    salam kenal..
    saya mau tanya..kalau dinamo/motor blower terkadang bunyi cit..cit..cit ketika ac dinyalakan bisa diservice ga?soale montirnya bilang harus ganti baru harganya 800 ribu-an(asli),pernah saya ganti baru dengan yang ada di internet yaitu motor blower denso untuk kijang super tipe 1920 yang harganya sekitar 350 ribu-an itu berbeda dengan motor blower yang ada di mobil kijang saya dan umurnya juga hanya 3 bulan.
    oh iya mobil saya kijang rover thn ’91 dengan ac denso, mohon sarannya.

    trims.
    ary

  2. #2 by Catur on September 15, 2010 - 6:05 pm

    bisa bos, bunyi itu bs dr laker kering atau motor membentur dek/rumah blower

  3. #3 by ary on September 17, 2010 - 8:48 am

    lakernya udah diganti pak tapi masih bunyi, kata montirnya sih bagian kuningan yang nempel sama brushnya sudah aus, apa bener?

  4. #4 by Catur on September 19, 2010 - 1:07 am

    brush aus biasanya g nimbulkan bunyi,kl lager baru, coba cek ada bos as blower kuningan bulet kayak bola, biasanya macet/kering.

  5. #5 by Kurniawifi on December 9, 2010 - 6:22 am

    Makasig banget infonya gan… sangat membantu sekali…

  6. #6 by rafiq on March 14, 2011 - 5:02 pm

    salam kenal…
    gw mau nyak nee..?
    mobil gw espass, klo ac nya di hidupkan yg paling tinggi ada bunyi di blowernya cit..cit..cit.. tpi kalo mobil lagi berhenti gak bunyi(pada saat jalan),tapi kalo ac nya di hidupkan yg paling pelan tidak ada bunyi sama sekali.
    kira kira apanya ya..
    ada yg perlu di ganti gak..?
    klo perlu di ganti kira kira harganya berapaan..?
    mohon saran nya..
    rafiq

  7. #7 by Catur on March 14, 2011 - 6:22 pm

    bos/laker blower kering

  8. #8 by hari tandjung on April 18, 2011 - 8:27 pm

    Bos, mo tanya nih.
    mobil saya kuda diesel gls, kalo AC hidup RPM-nya ga gerak, apa betul ada hubungannya dengan Dinamo AC yg sdah bermasalah.Saya jg habis ganti blower krena blowernya trouble. Tks Bos,
    Regards,
    Hari Tandjung

  9. #9 by Catur on April 18, 2011 - 10:58 pm

    gpp bos, ac hidup minim RPM tetap atau naik, yang jelas RPM gak boleh turun/drop saat AC ON, Kalau ungin naik tinggal stel idle up na aja

  10. #10 by Muhamad Asim on June 10, 2011 - 3:46 pm

    salam kenal bos, kalo mobil kijang grand pas lari sering ada kejutan kayak bahan bakar tidak lancar kenapa ya bo
    s, trims atas jawabannya

  11. #11 by Catur on June 10, 2011 - 9:17 pm

    service karbunya dulu bos, bs dari karbu atau sistem pengapian jg bs

  12. #12 by Muhamad Asim on June 28, 2011 - 12:33 pm

    karbunya udah d bersihkan and platina juga d ganti kadang berhenti sekali atau 2 kali pake setelah itu lagi apa mau ganti platina ke CDI ya bos…?

  13. #13 by Catur on June 29, 2011 - 4:08 pm

    maksudnya gmn tu bos????????????????

  14. #14 by fatoni on August 8, 2011 - 12:32 pm

    boss tanya dong, mobil saya carry 1.5.
    otomatis AC mobil saya kalau mobil berhenti tidak bekerja namun kalau jalan baru mulai bekerja, dan tingkat kedinginan juga lebih terasa kalau jalan atau RPM tinggi diatas 1.500.

    apakah ini ada pengaruh dari FAN kondensor AC utama saya yang mati ya…..
    sehingga tingkat pendinginan juga tidak maksimal. hanya bersumber dari FAN built in mobil.

    sekedar info ; extra Fan mobil doubel blower masih jalan. dan apabila pada kondisi macet Temperatur mesin juga cepat naik, sehingga solusinya saya matikan AC nya.

  15. #15 by Catur on August 8, 2011 - 10:58 pm

  16. #16 by Muhamad Asim on August 12, 2011 - 6:40 am

    ass. marhaban ya Ramadhan, mau naxa ne bos mobil saya kjg Grnd, pas di panaskan pada pagi hari selalu mengeluarkan kotoran hitam bercampur air, trims atas jawabanxa bos

  17. #17 by Muhamad Asim on August 12, 2011 - 6:43 am

    lanjut… kotoran hitam keluar dari kenalpot bos….

  18. #18 by Catur on August 12, 2011 - 5:50 pm

    setting karbu kurang pas, seting ulang, asap hitam campuran terlalu boros

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 60 other followers

%d bloggers like this: