Prinsip Kerja Idle Up AC Mobil


Penggunaan AC Mobil tentu terasa membebani mesin terutama pada mesin berkapasitas kecil seperti 1300cc ke bawah, sehingga pada saat AC ON menjadikan putaran mesin turun(Drop) bahkan bisa juga mesin menjadi mati.

Untuk mengantisipasi agar mesin menjadi stabil saat AC Mobil ON/OFF maka di pergunakanlah otomasi Idle Up, dengan sistem meninggikan RPM stationer pada saat AC On agar RPM mesin tidak Drop/mati. Cara meninggikan RPM idle tentu bisa dilakukan dengan beberapa cara, untuk mobil karburasi umumnya masih menggunakan mekanik vacuum dan switch selenoid untuk membuka trotle karbu di saat AC ON, dengan memanfaatkan kevakuman mesin untuk menggerakkan trotle karbu. Dengan cara menarik tuas skep karburasi menggunakan tuas yang terhubung ke vakum yang di kontrol oleh VSV/ selenoid switch.

 

Baca Selengkapnya Prinsip Kerja Idle Up AC Mobil di autotuhu.com

About these ads

,

  1. #1 by Nur Muntaha on June 10, 2010 - 9:56 am

    Bos, mobil saya Daihatsu Charade CS 85, karbu. Pada saat ac nyala, RPM ngedrop. Trus pas saya cek mesin, ternyata idle up ac tidak difungsikan, slang dan kabel tidak ada, saya mau pasang ulang (setting ulang idle up ac)tapi tidak tahu harus disambung kemana saja? Kalau bisa dengan gambar atau fotonya. Selama ini untuk mengatasi dropnya RPM, stasioner saya naikkan, sehingga kalau ac tidak nyala RPM terasa ketinggian.

  2. #2 by Catur on June 10, 2010 - 7:36 pm

    Bos, mobil saya Daihatsu Charade CS 85, karbu. Pada saat ac nyala, RPM ngedrop. Trus pas saya cek mesin, ternyata idle up ac tidak difungsikan, slang dan kabel tidak ada, saya mau pasang ulang (setting ulang idle up ac)tapi tidak tahu harus disambung kemana saja? Kalau bisa dengan gambar atau fotonya. Selama ini untuk mengatasi dropnya RPM, stasioner saya naikkan, sehingga kalau ac tidak nyala RPM terasa ketinggian.

    kalau anda misal beli baru idle up 1 set, tentu akan dapat selenoid(VSV) dan vacuum lengkap dengan lengan pengungkit/penarik pedal gas/throttle, jadi cara pemasangan/instalasi:
    1. pasang/baut selenoid pada body mobil,kabel 2 terdiri dari minus & plus, min terhububg ke ground/body mbl, plus terhubung ama plus kompresor/spul magnet kompresor.
    2. Vacuum set silahkan pasang di karburator, di mana pada saat vacuum terhisap akan menarik skep/throttle karbu yang sekaligus meninggikan RPM mesin.
    3. Selang. 1 selang terhubung dengan manifold mesin, 1 lagi terhubung ke vacuum set yang kita pasang di karburator.(kalau pemasangan selang terbalik biasanya pada saat AC ON tetep normal, tetapi pada saat kompresor OFF/ terputus RPM makin tinggi)
    Stel besar RPM pada saat AC ON(skitar 900 RPM, dan pada saat AC off/stationer skitar 750-800RPM) Lihat spesifikasi Mobil anda.

  3. #3 by Surya on August 3, 2010 - 8:16 pm

    Mobil saya espass 1300 tahun 1996. saat ac dihidupkan putaran rpm menunjukan 1000, namun ketika gas diinjak (mobil dijalankan) kemudian berhenti rpmnya bisa sampai 1500 bahkan kadang lebih

  4. #4 by Catur on August 3, 2010 - 10:57 pm

    mekanisme idle up g normal, vacum tidak kuat menarik tuas pengungkit, begitu pedal gas di injek vacum maksimal sehingga tuas pengungkit tertarik maksimal yang mengakibatkan RPM naik.

  5. #5 by Surya on August 4, 2010 - 7:41 am

    terus bagaimana caranya biar normal kembali? mohon dibantu pak

  6. #6 by Catur on August 4, 2010 - 10:53 pm

    1. pastikan saat ac on, vakum menarik stang mentok (liat stang yang langsung terhubung ama vacum) pada saat stationer. apabila cuma menarik separo, maka saat pedal di injek akan menarik tuas lagi.shgg rpm ikut naik.
    2. cek vacum(saat slang dr manifold langsung apa mampu menarik tuas scr maksimal atau tdk).
    3. cek slang vacum.
    4. cek slang yg terhubung ke manifold.

  7. #7 by suget on August 28, 2010 - 1:02 am

    kabel speedo rpm futura terletak dimana, dan dikaitkan di mana ya? thanks

  8. #8 by hery on December 5, 2010 - 10:01 am

    Mas mohon dikasih solusinya:
    Mobil saya great corolla, saat ac menyala rpm malah turun. Tapi ketika ac sudah lama menyala kadang rpm tetap stabil atau sedikit naik. Saya sudah stel idle up coba putar kanan kiri rpm tetap saja ga ada perubahan. Kira2 maslah dimana mas?(NB: Idle up sudah ganti baru). Terima kasih sebelumnya.

  9. #9 by arif on January 5, 2011 - 10:15 am

    Dear mas, mohon petunjuknya
    Mobil saya daihatsu classy, bermasalah dengan AC, sepertinya pada sistem RPM regulatornya.
    Switch yang ada di rangkaian itu tidak mau menyala.
    Kira-kira apa yang membuat rangkaian itu tidak bekerja, apakah ada kabel yang terputus (soalnya ada banyak kabel yang masuk ke rangkaian itu).
    Klo beli ada ga ya n berapa harganya.
    Tks

  10. #10 by Catur on January 5, 2011 - 9:26 pm

    wah susah untuk menjelaskan nya, tu module elektronik byk input na, kl lihat/analisa lgsg lbh mudah tentukan mslh na, maaf

  11. #11 by Yul Chaidir on February 7, 2011 - 12:05 pm

    Mas, mohon pencerahannya, saya pake mazda interply 323, saat mesin hidup tanpa AC RPM pada 50 saat AC hidup RPM pada 100, cuma masalahnya naik-turunnya otomatis AC mengganggu RPM waktu mobil jalan, kadang lamban dan naik-naik sesuai dengan RPM-nya

  12. #12 by Catur on February 7, 2011 - 7:28 pm

    mekanisme idle up na bos, membran vakuum na lemah biasanya, jd nariknya kurang kuat

  13. #13 by eko on May 15, 2011 - 12:33 am

    Om saya mau numpang tanya,begini mobil saya daihatsu classy th 91 yang ingin saya tanyakan adalah
    1. Bagaimana mengetes idle up a/c dan p/s baik atau tidak
    2. Bila salah satu idle up tidak ada muatan listrik nya bagaimana mencari sumbernya agar idle up tsb dapat dialiri listrik kembali
    3. Apakah bisa bos menyertakan gambar aktual mengenai jalur dari vacuum karburator yang berhubungan dengan a/c dan rpm karena yang selama dapat selama ini hanya gambar rekaan / coretan tangan bukan gambar asli karburator
    4. Bisakah bos menjelaskan diagram karburator posisi dan letak seperti TP port,PP,advancer port,DLL.
    Saya mohon maaf bila pertanyaan saya terlalu banyak hal ini saya tanyakan pada bos karena saya berkali-kali ke bengkel tapi tetap aja saat ac nyala rpm drop bahkan langsung MDT ( Mati Di Tempat )saya mohon maaf bila pertanyaan saya merepotkan bos semoga saya dan kawan-kawan yang lain bisa belajar dari bos terima kasih sebelumnya

  14. #14 by Catur on May 15, 2011 - 10:08 pm

    cara test langsung sambung selang dari manifold ke membran vacuum idle up, kl normal vacuum akan terhisap/menarik skep gas karbu, jd yg mslh tggl selenoid, kalau gak menarik skep gas bisa terjadi krn vacumm rusak/sobek. Selang dari manifold pastikan vakum/menghisap pada saat mesin nyala. Untuk idle up seharusnya terlalu mudah dan simpel, jadi g perlu gambar detail.

  15. #15 by cepi burhanuddin on May 27, 2011 - 9:19 pm

    terima kasih atas penjelasan nya, dalam artikel ini saya banyak dapat ilmu tentang ac mobil.

  16. #16 by Catur on May 28, 2011 - 9:47 pm

    sma2 bos

  17. #17 by Jhon Jenye on June 13, 2011 - 8:46 am

    Saya punya galan V6 2000 CC,saat AC on RPM saya rendah dan kadang – kadang sampai mentok turun naik…..mobil saya udah dilihat ama tukang service AC katanya sih. idle -up nya nggak berfungsi ,,jadi buah pikiran saya adalah: apa dengan tukar idle -up ac bisa normal kembali ,2. apa hanya idle -up aja diganti apa masih ada yang lainnya berapa ya kira2 harganya ? sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

  18. #18 by Catur on June 15, 2011 - 4:31 am

    idle up mobil injeksi dah canggih bos, dah di kontrol langsung oleh ecu, cr bengkel ac mobil yg pinter kelistrikan atau ke bengkel mobil yang punya engine scanner dan pinter kelistrikan

  19. #19 by amb3 on August 12, 2011 - 3:14 pm

    pak catur.untuk mobil panther…. idleupnya type nya…apa

  20. #20 by Catur on August 12, 2011 - 5:49 pm

    ada khusus buat panther, byk kog

  21. #21 by rio iraone on August 23, 2011 - 9:38 am

    salam kenal om…….mobil saya maestro tahun 92 injection ketika ac tidak di hidupkan rpm normal 900 ketika ac di hidupkan rpmnya turun sampai ke 100atau 200 jadinya nggak nyaman di dalam kabin mobil om karena getaran mesinya keras …….gimana solusinya agar rpmnya ketika di hidupkan ac bisa naik dari rpm 900 ke 1000 agar terasa lebih enak om

  22. #22 by Catur on August 23, 2011 - 5:11 pm

    bwa ke bengkel bilang srh cek amply bt idle up ac, anda g bakal bisa ngerjakan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 61 other followers

%d bloggers like this: