Cara Kerja Sistem Pengapian Platina {Mobil Jadul}


Sistem pengapian mobil-mobil modern tak lepas dari  perkembangan teknologi sistem pengapian pada mobil jadul alias masih menggunakan platina sebagai plat kontak untuk menghubungkan dan memutus aliran listrik primer koil agar terjadi induksi/GGL pada sekunder yang berupa listrik tegangan tinggi untuk mensuplai busi agar memercikkan bunga api.

Platina mobil berupa plat kontak yang berfungsi sebagai penghubung & pemutus yang di hubungkan oleh ebonit/kaki platina dan di kontrol oleh nok delco(Distributor), apabila kaki ebonit tidak terdorong oleh nok delco maka plat kontak akan terhubung sekaligus mengalirkan aliran listrik  primer koil ke ground dan menciptakan medan magnet pada primer coil, dan pada saat nok delco menyentuh/mendorong ebonit platina maka listrik dari primel coil akan terputus, pada saat listrik primer coil terputus maka  terjadi GGL/induksi tegangan tinggi pada sekunder coil, dengan adanya kondesor/kapasitor yang terhubung secara paralel dengan platina akan membantu meningkatkan besar induksi dan menghilangkan bunga api pada saat platina mulai terbuka/memutus, hal ini bertujuan agar plat kontak platina tidak mudah terbakar dan mampu berumur panjang.


Besar/lamanya saat platina terhubung di pengaruhi oleh lebar Permukaan AS delco yang rata/datar hal ini di sebut dengan sudut dwell, dimana sudut/lama saat platina menghubungkan aliran listrik ke primer coil. Apabila celah platina kita bikin rapat so pasti sudut dwell akan menjadi besar dan kebalikannya.

Baca juga:

About these ads

, , , , ,

  1. #1 by karsonosh on August 11, 2010 - 9:49 am

    apa ada cdi buat mobil2 lama yg harga murah dan terjangkau khususnya buat usaha ekonomi lemah, terima kasih, Amin

  2. #2 by Catur on August 11, 2010 - 6:58 pm

    byk

  3. #3 by Richard on October 7, 2010 - 10:49 am

    Bukanya celah platina kalo di buat rapat , sudut dwelnya bsar ?

  4. #4 by Catur on October 8, 2010 - 9:32 pm

    bner bos, trim correct na

  5. #5 by myun on November 4, 2010 - 11:06 am

    terima kasih postingannya ya..
    salam kenal..
    kunjungi juga blog saya fakultas teknik unand

  6. #6 by febry arys on November 21, 2010 - 1:30 pm

    MAS q mau tanya klo pda saat advanchernya sedang membuka gmna klo sdang menutup gmna …………stlah itu gmna trus pda saat sentrifugal pda saat stasioner dan pda saat mesin berputar kencang cra kerjanya gmna mas tak tunggu cpet sbelum hari slasa ok

  7. #7 by Catur on November 24, 2010 - 12:34 am

    laen kali ne penjelasan panjang ha ha

  8. #8 by Lucyver on January 27, 2011 - 12:14 pm

    Setingan yg tepat pada platina itu yang bgmana ya ? Apakah ada tehknik khusus ya ?

  9. #9 by Catur on January 27, 2011 - 5:04 pm

    platina mekanik, byk faktor yang mempengaruhi apalagi kondisi delko sudah byk yang aus, ganti cdi aja yang murah jg ada, gak ribet pasti enak

  10. #10 by fikr_sumedang on April 15, 2011 - 9:42 am

    makasih…atas infonya

  11. #11 by Catur on April 16, 2011 - 8:47 pm

    sm2 bos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 61 other followers

%d bloggers like this: