Cara Melepas Dashboard Corolla DX


Untuk proses pembongkaran dashboard corolla dx sebaiknya dilakukan secara bertahap, semua utuk menghindari kesulitan dalam mengembalikan/ pemasangan dashboard kembali, kecuali bagi para montir/mekanik tentunya sudah di luar kepala he he.

Pelepasan secara bertahap yakni dengan melepas dashboard bagian atas aja, yakni penutup yang berwarna hitam dashboard, dengan penutup dashboard terlepas kita bisa uji kendaraan melintasi jalan terjal untuk mengetahui sumber suara aneh dari dalam dashboard, biasanya dengan melepas tutup dashboar atas sudah cukup untuk mencari sumberbunyi secara detail. setelah penyakit terselasaikan lakukan proses perakitan dashboard dengan hati2, usahakan lengkapi seluruh baut/sekrup pengikat dashbord agar tidak menimbulkan bunyi aneh lagi.

Cara Melepas Dashboard Corolla DX:

1. buka sekrup pengikat di kanan dan kiri dashboard.

2. buka sekrup pengikat di panel  speedometer, yang berada di atas dan di bawah speedometer.

3. Lepas speedometer.

3. Buka sekrup pengikat di dalam laci bagian atas.

4. Lepas laci mobil.

5. Buka baut pengikat(baut 10mm) dashboard yang bisa kita jangkau dari laci dan ruang speedometer.

, , ,

  1. #1 by Ridwan on May 12, 2010 - 11:21 am

    Mas Catur yang baik hati…

    Mau nanya dong, Mobil saya Timor tahun 96. Saat ini ada masalah pada power window yang mati total (power window tempelan alias bukan bawaan pabrik).
    Saya coba cek sekring di dekat kaki kanan pengemudi dan ruang mesin tidak ada yang yang putus. Kira-kira dimana ya letak sekringnya? apa harus membuka dashboard bagian bawah ya? tolong dong kasih tahu caranya buka dashboard bagian bawah…..
    Makasih ya mas Catur yang baik hati, ramah tamah dan suka menolong….

    salam,
    Ridwan

  2. #2 by Catur on May 12, 2010 - 8:07 pm

    coba pergunakan lampu tester untuk mengurut kabel plus power window, jangan keburu lepas dashboard, kemungkinan kecil untuk melepas dashboard dengan kasus seperti itu.
    Cara Urut:
    1. Cek tegangan plus di module power window.
    2. Cek tegangan minus pada module power window.
    3. urut tegangan yang masuk ke module menuju bagian bawah dashboard.
    4. kalau tegangan pada module normal biasanya yang rusak motor power window atau switch power window.
    5. Apabila listrik ke modul hilang biasanya sekring putus atau koneksi/sambungan kendor.
    6. sekring biasanya para mekanik menaruh di bawah dasboard yang masih bisa di jangkau(tanpa melepas dashboard), bisa juga di gabung di dalam kotak sekring bawaan mobil.
    7. kalau kurang yakin bisa di kupas tuch solasi pembungkus, tetapi kalau sdh normal silahkan di bungkus solasi lagi biar rapi.
    thanks……..

  3. #3 by alunx on June 5, 2010 - 1:17 pm

    siang om catur,
    kalo dashboard pada pecah n bolong bisa dibenerin gak?klo bs kira2 dmn n brp biayanya? posisi saya di jakarta,mobil saya civic wonder 87.klo ganti dashboard second dmn nyarinya?trims

  4. #4 by Catur on June 6, 2010 - 1:25 am

    coba ke atrium bos kl untuk jkt

  1. Dashboard Corolla DX « Auto Tuhu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: